.menuhorisontal{width:100%; overflow:hidden; border-bottom:0px solid #000000;} .menuhorisontal ul{margin:0; padding:0; padding-left:0px; font:13px Arial; list-style-type:none} .menuhorisontal li{display:inline; margin:0} .menuhorisontal li a{float:left; display:block; text-decoration:none; margin-right:2px; padding:2px 2px 2px 2px; color:#000000; background:#CCCCCC;} .menuhorisontal li a:hover{color:#FFFFFF; background:#2E2EFE}

Senin, 28 September 2009

seputar dewa dewi dalam agama buddha

ADA GAK SIH DEWA/DEWI DALAM AGAMA BUDDHA ?

Agama Buddha mengakui keberadaan dewa/dewi dalam kontek alam seperti yg dijelaskan @jubah. Kalo di Islam mereka mengakui jin, malaikat dan iblis/setan. Umat kristiani secara umum mengakui malaikat dan iblis. Tapi yg perlu diingat, menyembah dewa/dewi itu sama sekali bukan agama Buddha. Banyak terjadi kesalahpahaman dalam agama Buddha karena banyak dari umat Buddha yg keturunan Tionghoa yg memang bersembayang pada dewa dewi. Kalo anda umat buddha keturunan Tionghoa, bukan maksud saya menyalahkan bila bersembayang di klenteng/vihara yg ada dewanya. Tapi yg perlu dipahami adalah sebagai umat buddha anda tidak berlindung pada dewa dewi. Anda berlindung pada Buddha, Dharma dan Sangha.

Di klenteng dan vihara Mahayana memang ada patung sebagai simbol Buddha dan Boddhisatva. Yang paling dikenal adalah Kwan Im Po Sat ( Boddhisatva Avalokitesvara ). Sering disalahpahami umat awam bahwa beliau adalah dewi. Soal pemahaman tentang bodhisattva dan kesalahpahaman ini sebaiknya anda pelajari secara bertahap.

Yang paling penting anda pelajari dan lakukan sebagai umat Buddha yg baru adalah :
1. Makna dari berlindung pada Buddha, Dharma dan Sangha.
2. Menjalankan Panca Sila Buddhis dalam kehidupan sehari hari.
3. Memahami konsep dasar Buddhisme, yaitu : Empat Realita Agung (Empat Kesunyataan yg Mulia), Jalan Mulia Berunsur Delapan, dan Konsep Ketuhanan dalam agama Buddha serta bedanya dengan konsep ketuhanan yg umum.
4. Ikut kegiatan rutin vihara dan jika memungkinkan aktif di organisasi disana.
5. Mencoba banyak bertanya pada yg paham dan banyak membaca buku dharma.

Jika anda melaksankan ini, secara bertahap anda akan memahami ajaran Buddha. Seperti saya waktu pertama kali belajar agama buddha, waktu itu saya seperti menemukan sesuatu yg luar biasa, sampai sekarang saya semakin mengagumi ajarannya.

Jadi jika anda ditanya soal dewa dewi dalam agama Buddha, anda bisa menjawab banyak dan tak terhitung :p Tapi kita umat Buddha tidak berlindung pada dewa dewi itu.

red: menurut pendapat pribadi dari pemilik blog ini.. dewa dewi dalam agama buddha memang makhluk suci yang tinggal di surga,namun keberadaannya bukan untuk di sembah.. dalam bahasa roh.. dewa,malaikat atau apalah sebutannya.. semua adalah roh,bahkan kita juga roh(masi memakai wadah fisik jadi namanya manusia,kalo wadah ini uda rusak alias uda mati maka kita roh seutuhnya.. roh roh ini masi mencari jalan untuk kembali berpulang kembali kepadanya.. nah dari itu maka roh roh ini posisinya bukan untuk di sembah karena semua roh masi berusaha mencari jalan pulang(penerangan sempurna/kesadaran roh/ketemu guruji/ketemu roh kudus) .. namun ini hanyalah pendapat dari pemilik blog ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar